Tahu gimana orang Jepang mbuang sampah???

#1. MENGELOMPOKKAN SAMPAH MENJADI BEBERAPA JENIS, antara lain: sampah rumah tangga ( sisa-sia bahan masakan, kertas-kertas yang sudah kotor, dll ), sampah-sampah berbahan plastik, sampah-sampah botol dan kaleng, sampah-sampah khusus seperti alat-alat rumah tangga ( wajan, penggorengan, radio, televise, lemari es, dll ) yang mereka bagi lagi berdasarkan ukurannya ( besar dan kecil ).

#2. Orang Jepang MENETAPKAN JADWAL MEMBUANG SAMPAH dalam setiap Minggunya. Misalnya, sampah rumah tangga dibuang tiga kali dalam seminggu ( Selasa, Kamis dan Sabtu ). kira-kira seperti ini :
Hari Senin : waktu untuk membuang sampah-sampah kertas.
Hari Rabu : waktu untuk membuang sampah-sampah botol plastik, kaleng dan botol-botol kaca yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan jenisnya masing-masing.
Hari Jum’at: minggu ke-2 dan ke-4 setiap bulannya merupakan saat untuk membuang alat-alat rumah tangga khusus.
Hari Minggu: hari dimana tempat pembuangan sampah menikmati kebersihannya alias tidak ada pembuangan sampah.
Sampah-sampah tersebut dijadwal secara tertulis agar ditaruh ditempat pembuangan sampah sementara setiap harinya antara pukul 8 sampai 9 pagi. Jadi dihimbau untuk tidak membuang sampah di malam harinya.

#3. MEMBUANG SAMPAH DENGAN RAPI. Sampah-sampah dibungkus dengan plastik transparan ( tidak gelap ). Sampah kertas dibuang dalam wadah kertas seperti kantung kertas bekas belanjaan. Buku-buku bekas atau Koran mereka ikat dengan apik, dan lain sebagainya. Kebiasaan ini membuat tempat-tempat sampah di Jepang bebas dari bau.

#4. MEMBAYAR UANG DAUR ULANG UNTUK SAMPAH YANG BERUKURAN BESAR. Biasanya sampah yang berukuran di atas 30 cm. Misalnya untuk membuang kipas angin yang cukup besar ataupun sepeda, orang jepang harus membeli stiker yang bisa dibeli di kombini store seharga 500 yen.

#5.MENIADAKAN PEMBUANGAN SAMPAH PADA HARI LIBUR dan biasanya telah diinformasikan melalui website pemerintah setempat. Pada sat ini tempat-tempat pembuangan sampah sementara biasanya ditutup misalnya dengan menutup dan mengikatkan jaring tali penutup bak sampah sehingga sampah-sampah tidak bisa dibuang dan dimasukkan kesana.

#6. BANYAK BAK SAMPAH SEMENTARA UNTUK BERSAMA DI DEKAT HUNIAN
Mungkin memang banyak yang harus kita pelajari dari negara ini.. saya sendiri yang membacanya jadi ikut kagum.

Coba Indonesia punya sistem seperti ini.. Indonesia pasti semakin dikagumi oleh semua orang dari dalam maupun luar negeri!!

Comments

Popular posts from this blog

work. // Laporan Hasil Praktikum Penerapan Teorema Torricelli

work. // PROPOSAL USAHA KERAJINAN BENDA PAKAI DARI BAHAN LIMBAH CELENGAN KARAKTER

work. // INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA