work. // Laporan Hasil Praktikum Penerapan Teorema Torricelli
Laporan Hasil Praktikum
Penerapan Teorema
Torricelli
Anggota Kelompok :
-
Annisa Fathiatun Nabilah ( 04 / XI MIPA 8 )
-
Dwi Agustin
Ronawati ( 11 / XI MIPA 8 )
-
Monica Selvi Andriana ( 20 / XI MIPA 8 )
-
Syifa Qolbi ( 34 / XI MIPA
8 )
-
Zulfikar Erlangga ( 36 / XI MIPA 8 )
SMA Negeri 1 Purbalingga
2015/ 2016
A.
Tujuan
Peserta didik dapat mengamati kebocoran pada botol plastic dengan baik.
B.
Alat dan Bahan
Alat :
a.
Paku
b.
Penggaris
c.
Stopwatch
d.
Penyumbat
Bahan
:
a.
Botol Plastik
3 buah (ukuran sama)
b.
Air
C.
LangkahKegiatan
Langkah Kegiatan :
a.
Lubangilah botol plastik
1 menggunakan paku. Buatlah lubang berukuran kecil.
b.
Sumbatlah lubang sebelum botol diisi
air!
c.
Isilah botol plastik
I dengan air sampai penuh, dan ukur ketinggian lubang terhadap permukaan
air (h) menggunakan penggaris!
d.
Lepaskan penyumbat,
dan segeralah ukur jarak jangkauan pancaran
air dalam waktu 1 sekon menggunakan penggaris!
e.
Amatilah pula
dengan cermat, kecepatan pancaran air
yang keluar dari botol plastik I
tersebut dari awal hingga air
habis!
f.
Lakukan hal
yang sama untuk botol plastik
II dan III, dengan ketinggian lubang terhadap permukaan
air berbeda-beda, tetapi air harus tetap diisi penuh!
g.
Catat hasil pengamatanmu!
D.
Data Pengamatan
Tabel hasil pengamatan
Botol Plastik
|
Ketinggian Lubang terhadap Permukaan Air (h)
|
Ketinggian Lubang terhadap Lantai (h2)
|
Jarak Jangkauan Pancaran Air dari Lubang
|
I
|
16
cm
|
107
cm
|
70
cm
|
II
|
12
cm
|
111
cm
|
63
cm
|
III
|
8
cm
|
115
cm
|
51
cm
|
Daftar Pertanyaan
:
1.
Bagaimanakah kecepatan pancaran ketiga botol plastic tersebut?
Manakah botol yang memancarkan air paling kuat, dan manakah botol
yang memancarkan air paling lemah? Jelaskan alasanmu berdasarkan percobaan
yang kamu lakukan!
Jawab :
Ketiga botol plastic tersebut memiliki kecepatan pancaran
yang berbeda-beda. Hal itu dikarenakan semakin tinggi ketinggian lubang terhadap permukaan
air akan membuat kecepatan pancaran semakin besar,
begitu pula sebaliknya. Botol yang memancarkan air paling kuat adalah botol
I, danbotol yang memancarkan air paling lemah adalah botol
III. Hal yang mempengaruhi kuat lemahnya pancaran adalah ketinggian lubang terhadap permukaan
air.
2.
Jelaskan faktor-faktor
yang menyebabkan perbedaan kecepatan pancaran
air yang keluar dari botol!
Jawab :
Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan kecepatan pancaran
air yang keluar dari botol yaitu ketinggian lubang terhadap permukaan
air.
3.
Bagaimana jangkauan pancaran
air untuk setiap botol plastik?
Urutkan berdasarkan jangkauan terjauh!
Jawab :
Jangkauan pancaran air
setiap botol plastic berbeda.
Semakin tinggi ketinggian lubang terhadap permukaan
air, maka jangkauan pancaran air
akan semakin pendek. Urutan botol berdasarkan jangkauannya adalah sebagai berikut
:
Botol Plastik
|
Ketinggian Lubang terhadap Permukaan air (h2)
|
Jarak Jangkauan Pancaran Air dari Lubang
|
I
|
16
cm
|
70
cm
|
II
|
12
cm
|
63
cm
|
III
|
8
cm
|
51
cm
|
4.
Bagaimana kekuatan dan jarak jangkauan pancaran
air jika permukaan air di dalam botol semakin menurun?
Jawab :
Apabila permukaan air di
dalam botol semakin menurun,
maka kekuatan dari pancaran
air akan semakin melemah. Selain itu jarak jangkauan pancaran
air juga akan semakin memendek.
5.
Berdasarkan data
yang kamu peroleh, tentukan faktor yang
memengaruhi kecepatan pancaran air dan jangkauan pancaran
air!
Jawab :
Faktor yang memengaruhi kecepatan pancaran
air dan jangkauan pancaran air yaitu ketinggian lubang terhadap lantai.
E.
Analisis
Dari hasil praktikum, kami
mendapatkan bahwa ketiga botol plastic memiliki kecepatan pancaran
yang berbeda-beda. Hal itu dikarenakan semakin tinggi ketinggian lubang terhadap permukaan
air (h) akan membuat kecepatan pancaran semakin besar,
begitu pula sebaliknya. Botol yang memancarkan air paling kuat adalah botol
I, dan botol yang memancarkan air paling lemah adalah botol
III. Hal yang mempengaruhi kuat lemahnya pancaran adalah ketinggian lubang terhadap permukaan
air.
Torricelli mengatakan bahwa fluida menyembur keluar dari lubang
yang terletak pada jarak h dibawah permukaan atas fluida dalam wadah
yang sama, memiliki kelajuan yang sama dengan benda
yang jatuh bebas dari ketinggian
h. Teorema ini hanya berlaku jika ujung wadah terbuka terhadap atmosfer dan luas lubang jauh lebih kecil dari luas penampang wadah. Selain itu,
ketinggian lubang terhadap lantai juga mempengaruhi kecepatan semburan fluida.
Semakin panjang jarak antara lubang dengan permukaan
air, maka kelajuannya akan semakin cepat.
Kecepatan semburan fluida dapat dirumuskan sebagai berikut
:
V
=
|
Dimana v =
kecepatan fluida
g
= percepatan gravitasi bumi
h
= jarak antara lubang dengan permukaan
air
Selain itu,
kami juga mendapatkan bahwa setiap botol plastik memiliki jangkauan
yang berbeda-beda.Semakin tinggi ketinggian lubang terhadap permukaan
air, maka jangkauan pancaran air
akan semakin pendek. Urutan botol berdasarkan jangkauannya adalah sebagai berikut
:
Botol Plastik
|
Ketinggian Lubang terhadap Permukaan air (h2)
|
Jarak Jangkauan Pancaran Air dari Lubang
|
I
|
16
cm
|
70
cm
|
II
|
12
cm
|
63
cm
|
III
|
8
cm
|
51
cm
|
Sehingga, jarak jangkauan pancaran
air dapat dihitung dengan rumus
:
X
= vt
|
Dimana x =
Jarak jatuhnya zat cair ke lantai
v
= kecepatan semburan
t = waktu zat cair dari lubang sampai ke lantai
Dengan adanya kedua rumus tersebut dapat,
dijelaskan mengapa kekuatan pancaran
air akan semakin melemah dan jarak jangkauan akan semakin memendek apabila permukaan
air di dalam botol semakin menurun.
F.
Kesimpulan
-
Faktor yang
mempengaruhi perbedaan kecepatan pancaran
air yang keluar dari botol yaitu ketinggian lubang terhadap permukaan
air.
-
Faktor yang
memengaruhi kecepatan pancaran air dan jangkauan pancaran
air yaitu ketinggian lubang terhdap lantai.
G.
DaftarPustaka
http://yunan057.blogspot.co.id/2013/12/laporan-praktikum-fisika-dasar-teorema.html?m=1
Terima kasih
ReplyDeleteSama aama😊😊😊😊
Deletethank you so much....
ReplyDeletei like this because it can help me to finish my homework
mantap sangat bermanfaat, trimakasih sukses buat adminn..kalau yg terjauh justru lubang ke-2 yg tengah gmna tuh min? 😅
ReplyDeletemaap bkn bermaksud utama promosi. barangkali bermanfaat buat visitor yg nyari materi sklh ,kunjungi blog ananda-fikri.blogspot.com
Kak mau nanya, untuk percobaan ini boleh pakai 1 botol tapi sekaligus 3 lubang boleh tidak kak? Mohon jawaban nya kak 🥺 Trimakasih 🙏🏻
ReplyDeleteBoleh kok. Aku tugas nya kayak gitu dari sekolah.
Delete